Swift

Sistem Sepakbola dan Piramida Liga Inggris



Siapa yang tak tahu Liga Primer Inggris? Liga Primer Inggris merupakan liga yang paling banyak ditonton saat ini, ada sekitar 4,7 Milliar orang di dunia dari 212 negara yang menonton tayangan Liga Inggris tiap minggunya. Ini mencakup hampir 60% dari total penduduk di dunia. Artinya, lebih dari setengah penduduk di dunia yang menonton Liga Inggris.

Itu hanya uraian singkat dari Liga Premier Inggris, karena disini akan dibahas tentang Sistem Sepakbola Liga Inggris.

Sistem Sepakbola Liga Inggris sendiri adalah sistem hubungan antar liga bagi klub-klub di Inggris dan beberapa di Wales. Sistem ini memiliki format hirarki dengan sistem promosi dan degradasi, yang memungkinkan klub dari kasta terbawah dapat berandai-andai naik ke kasta paling atas. Ada lebih dari 140 liga dengan total 480  divisi. Jumlah klub yang berpartisipasi berubah setiap tahunnya, hal ini dikarenakan beberapa klub bergabung atau meninggalkan liga atau bergabung dengan klub lainnya.

Sistem ini terdiri dari sebuah piramida liga yang terkait satu sama lain dengan sebuah sistem promosi dan degradasi. Sejumlah klub yang sukses di liga masing-masing dapat naik ke liga yang lebih tinggi, dan beberapa klub yang menempati posisi paling bawah tentunya akan turun ke liga yang ada dibawahnya. Selain dari hasil pertandingan dan posisi, promosi biasanya bergantung pada pemenuhan kriteria yang ditetapkan oleh liga yang lebih tinggi, terutama mengenai fasilitas yang sesuai dan keuangan. Lima tingkat teratas masing-masing hanya memiliki satu divisi. Setelah itu, tingkat dibawahnya memiliki liga dan divisi yang paralel, yang masing-masing mencakup wilayah geografis yang semakin kecil. Banyak liga memiliki lebih dari satu divisi. Pada tingkat yang lebih rendah keberadaan liga menjadi terputus-putus, meskipun di beberapa daerah yang lebih padat penduduknya terdapat 20 puluh lapisan liga.
 
Setelah Liga Primer dan Football League (tingkat 1-4), tujuh tingkat dibawahnya dikenal sebagai Sistem Liga Nasional dan berada di bawah kewenangan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Tujuh tingkat ini mengalami perkembangan selama bertahun-tahun. Perkembangan utama penataan ulang organisasi terbaru adalah dengan memasukan dua liga baru di tingkat enam yaitu Conference North dan Conference South, menggeser divisi teratas dari Southern League, Isthmian League dan Northern Premier League menjadi tingkat tujuh.

Sistem liga sepak bola Inggris ini tidak termasuk pertandingan amatir yang sering disebut Liga Sepak Bola Minggu. Liga ini adalah liga bebas yang tidak ada prinsip promosi dan degradasi yang melibatkan piramida sepak bola. Namun, beberapa klub Liga Minggu telah dikenal untuk bergabung liga piramida jika mereka ingin mencapai kemajuan yang lebih tinggi.

Struktur Liga Inggris:

Secara garis besar Liga Inggris dibagi menjadi 3 grup. Yaitu Premier League, Football League dan Non Football League.

1. Liga Primer Inggris (Barclays Premier League)

Sering disebut juga papan atas. Disini ada 20 klub yang berpartisipasi, peringkat 3 terbawah di akhir kompetisi otomatis akan terdegradasi ke Championship League. Manchester United adalah klub paling sukses di liga ini dengan total 13 gelar.

2. Football League Championship (Skybet Championship)

Sebelum tahun 2004 bernama Divisi 1. Terdiri atas 24 klub. Juara dan Runner-up otomatis promosi ke Liga Primer, sementara peringkat 3 sampai 6 akan menjalani play-off untuk memperebutkan satu tempat tersisa. Peringkat 3 terbawah otomatis akan terdergradasi ke League One. Sunderland dan Reading adalah klub yang paling banyak mendapatkan gelar juara di liga ini dengan 2 gelar.

3. Football League One (Skybet League One)

Sebelum tahun 2004 bernama Divisi 2. Terdiri atas 24 klub. Juara dan Runner-up otomatis promosi ke Championship League, sementara peringkat 3 sampai 6 akan menjalani play-off untuk memperebutkan satu tempat tersisa. Peringkat 4 terbawah otomatis akan terdergradasi ke League One. Ada 8 mantan klub Premier League yang sekarang berkompetisi di liga ini yaitu Barnsley, Blackpool, Bradford City, Coventry City, Oldham Athletic, Sheffield United, Swindon dan Wigan Athletic.

4. Football League Two (Skybeat League Two)

Sebelum 2004 bernama Divisi 3. Juara, Runner-up dan posisi ke-3 otomatis promosi ke League One, sementara peringkat 4 sampai 7 akan menjalani play-off untuk memperebutkan satu tempat tersisa. Peringkat 2 terbawah otomatis akan terdergradasi ke National League.

Championship, League One, dan League Two disebut Football League. Semua klub di 4 kompetisi teratas adalah professional, mereka berhak mengikuti Capital One Cup di tiap musimnya.

5. National League (Varanama National League)

Kasta ini dihuni oleh klub semi professional dan diikuti oleh 24 klub. Juara dan Runner-up otomatis promosi ke League Two, sementara peringkat 4 terbawah otomatis terdegradasi ke National League North dan National League South.

6. National League North (Varanama National League North) dan National League South (Varanama National League South)

Klub juara di tiap divisi secara otomatis dipromosikan, berikutnya empat tim di divisi masing-masing bersaing dalam babak playoff, dengan pemenang playoff di setiap divisi mendapatkan tempat promosi kedua. Tiga tim terbawah di divisi masing-masing degradasi ke Northern Premier League, Southern League atau Liga Isthmian yang sesuai. Jika, setelah promosi dan degradasi, jumlah tim di Utara dan Selatan divisi tidak sama, satu tim atau lebih ditransfer antara dua divisi.

7. Northen Premier League Premier Division (Evo-Stik League Northern Premier Division), Southern Football League Premier Division ( Evo-Stik League Southern Premier Division) dan Isthmian Premier League Division (Ryman Football League Premier Division)

Masing-masing terdiri dari 22 klub, berjalan secara paralel. Tim juara di tiap divisi secara otomatis dipromosikan, berikutnya empat tim di setiap divisi bersaing di babak playoff, dengan pemenang playoff di setiap divisi mendapatkan tempat promosi kedua. Empat tim terbawah di tiap divisi degradasi ke tingkat 8 di divisi yang sesuai. Jika, setelah promosi dan degradasi, jumlah tim di divisi tidak sama, satu tim atau lebih ditransfer antara tiga divisi.

8. Northern Premier League Division One North, Northern Premier League Division One South, Southern Football League Division One Central, Southern Football League Division One South & West, Isthmian League Division One North dan Isthmian League Division One South

Masing-masing terdiri dari 22 klub, berjalan secara paralel. Tim juara di tiap divisi secara otomatis dipromosikan berikutnya empat tim di setiap divisi bersaing di babak playoff, dengan pemenang playoff di setiap divisi mendapatkan tempat promosi kedua. Dua tim terbawah di divisi masing-masing degradasi ke tingkat 9 di divisi yang sesuai. Jika, setelah promosi dan degradasi, jumlah tim di divisi tidak sama, satu tim atau lebih ditransfer antara divisi.


Tingkat 9 sampai 21 adalah terdiri dari divisi teratas dari masing-masing grup liga sub-regional. Masing-masing liga memiliki seperangkat divisi yang berbeda,  masing-masing mencakup tingkat geografis yang lebih kecil dan menjadi lebih kecil.


Sumber Lain: Wikipedia Inggris

You Might Also Like

0 komentar