Swift

Skuat Barcelona 1996/1997 - Juara Copa Del Rey & Piala Uefa -


Penjaga Gawang: Vitor Baia

Penjaga gawang Portugal yang memiliki 80 caps ini hanya melewatkan satu pertandingan di musim 1996/1997. Namun di musim 1997/1998 hanya 2 pertandingan yang dia mainkan. Lalu, Vitor kembali ke tim yang membesarkan namanya, Porto. Vitor menjadi bagian dari Porto yang menjuarai Liga Champions di medio 2003/2004 dibawah asuhan Jose Mourinho.

Vitor Baia pensiun pada tahun 2007, setelah menjuarai Liga Portugal dua musim berturut-turut bersama Porto. Setelah pensiun, Vitor tidak banyak terlibat di aktivitas sepakbola. Bersama istrinya, Vitor aktif dalam aktivitas sosial.

Bek Kiri: Sergi

Bek kiri ini total mengemas 267 pertandingan bagi Catalan. Musim 2002 dia hijrah ke Atletico Madrid. 3 tahun setelahnya dia memutuskan untuk gantung sepatu.

Pada 22 Mei 2012 dia menjadi manager Recreativo Huelva di divisi dua Liga Spanyol. Namun awal bulan ini Sergi ditunjuk menjadi manajer Almeria, pertandingan pertamanya sebagai manajer Almeria, timnya dibabat 4-0 oleh Barca di Camp Nou.

Bek Kanan: Gheorghe Popescu
 
Dibeli dari Tottenham Hotspurs pada 1995, dia segera menjadi kapten bagi tim barunya. Namun dia hanya menghabiskan 2 musim di Camp Nou, sebelum hijrah ke Galatasaray dimana dia memenangi Piala UEFA dan mencetak gol penalti di final tahun 2000. Sempat menghabiskan karir di Lecce lalu ke Dinamo Bucharest, Popescu juga sempat menjadi staf pelatih bagi Hannover selama semusim.

Sekarang Popescu sedang dipenjara karena didakwa melakukan penggelapan pajak dari transfer pemain di Rumania.

Bek Tengah: Laurent Blanc

Blanc hanya menghabiskan satu musim di Barcelona, lalu hijrah ke Marseille, Inter Milan dan Manchester United dimana dia mengangkat tropi juara 2003 dibawah arahan Sir Alex Ferguson. Blanc juga memenangi Piala Dunia 1998 dan Euro 2000 bersama Prancis. Walaupun dia dikenal karena mendapat kartu merah di semifinal 1998 setelah menyikut Slaven Bilic.

Bordeaux adalah tim pertama yang dia tangani pada tahun 2007-2010. Dia ditunjuk menjadi Pelatih Prancis untuk Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Gagal di Euro, Blanc memutuskan mengundurkan diri.

Sekarang yang kita tahu Blanc menjadi pelatih PSG.



Bek Tengah: Miguel Nadal

Nadal menjalani lebih dari 200 pertandingan untuk Barcelona dengan memenangi lima gelar La Liga, dua gelar Copa del Rey dan satu gelar  Piala Eropa.

Pada tahun 2005 Nadal memutuskan untuk pensiun. Lima tahun setelah pensiun, Nadal menjadi staf pelatih dibawah Michael Laudrup mantan rekan setimnya di Barca.

Gelandang: Pep Guardiola

Pep menjalani semua pertandingan La Liga di musim 1996/1997 dibawah arahan Bobby Robson, dimana dia memegang peranan penting di jantung lini tengah Barca.

Bayern Munich manager Pep Guardiola attends a training session at Dragao stadium in Porto April 14, 2015. Bayern Munich will play their Champions League quarter-final first leg soccer match against Porto on Wednesday. REUTERS/Rafael Marchante  </p><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br /><br />
<p>Picture Supplied by Action Images
Cedera yang terus menghampirinya membuat Pep hijrah ke Brescia, lalu ke Roma, Al-Ahli dan Dorados. Setelah menjalani satu musim bersama Barcelona B, Pep ditunjuk menjadi manajer utama tim Barca. Pria 44 tahun ini memenangi 14 gelar di Catalan selama 4 tahun sebelum mencari tantangan baru di Allianz.

Gelandang: Guillermo Amor 

Amor bergabung bersama Barca pada tahun 1980. Memenangi lima gelar La Liga, empat gelar Copa del Rey, satu gelar Piala Eropa dan Piala Uefa. Amor hijrah ke Fiorentina pada tahun 1998 dengan hanya 24 penampilan selama 2 musim. Lalu, Amor kembali ke La Liga bersama Villareal dimana dia menemukan performanya lagi. Amor juga sempat mencicipi Liga Skotlandia bersama Livingston.

Sempat menjadi Direktur Teknik bagi Barcelona. Sekarang dia menjadi Direktur Teknik bagi tim Liga Australia, Adelaide United.

Gelandang Kiri: Giovanni

Gelandang Brazil ini menghabiskan waktu di 12 tim berbeda selama 20 tahun karirnnya di dunia sepakbola. Dia dijuluki "New Pele' di awal karinya ketika bermain untuk Santos.

Setelah hijrah dari Barca, Gio menghabiskan 6 musim di Olympiakos sebelum pensiun di Santos. Sekarang dia menjadi pencari bakat bagi Olympiakos.


Gelandang Serang: Luis Enrique

Enrique hijrah ke Barcelona dari Real Madrid pada musim 1996/1997. Dia mencetak 46 gol di La Liga pada musim pertamanya. Enrique menghabiskan karirnya di Barca. Pada tahun 2004 dia memutuskan untuk pensiun.

Karir kepelatihan Enrique mirip dengan Pep, dimana dia menukangi tim Barcelona B sebelum pindah ke AS Roma. Di Roma hanya satu musim, Enrique lalu ditunjuk menjadi Manajer Celta Vigo.

Mundurnya Gerardo Martino dari Barca pada musim lalu membuat dirinya ditunjuk menjadi Manajer Barcelona. Dan musim ini bersama Barcelonanya, Enrique mengejar treble.

Gelandang Kanan: Luis Figo

Figo hijrah dari Barca ke Madrid pada tahun 2000. Dimana hal itu menimbulkan kontroversi bagi fans Barcelona. Di Madrid pada musim pertamanya dia berhasil mememenagi gelar Ballon d'Or.

Pada musim 2005 Figo hijrah ke Inter Milan untuk memenangi 4 gelar domestik.

Striker: Ronaldo

Legenda Brazil ini mengemas 34 gol di musim 1996/1997 sebelum dibeli oleh Inter seharga 19.5 Juta £, yang saat itu memecahkan rekor dunia. Kemudian dia pindah ke  Real Madrid, lalu ke AC Milan dan Corinthians. Pria 38 tahun ini terakhir menjadi duta untuk Piala Dunia 2014 Brasil.




Jose Mourinho dan Pep di pojok kiri 

Pemain Lain: Albert Ferrer, Aberlardo,  José Mari Bakero, Carles Busquets (Ayah Sergio Busquets), Juan Antonio Pizzi, Fernando Couto, Julien Lopetegui (Manajer Porto), Robert Prosinečki, Hristo Stoichkov.

Manager: Bobby Robson.

Assistant Manager: José Mourinho.
Barcelona XI from 1996/1997
Barcelona XI from 1996/1997

Diedit dan Diterjemahkan dari: http://www.squawka.com/news/where-are-they-now-back-when-luis-enrique-and-laurent-blanc-were-barca-team-mates/359670

You Might Also Like

0 komentar